Formulir Pendaftaran bisa di unduh di sebelah kanan bawah. SKKNI
Indonesian Arabic Chinese (Simplified) English Japanese Korean Russian Spanish
PENANDATANGAN KESEPAKATAN
KONVENSI NASIONAL SKKNI PENANGGULANGAN BENCANA
PENGUKUHAN ASESOR
PENDIRIAN SHELTER

Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia atau SKKNI, merupakan acuan bagi Lembaga Sertifikasi Profesi Penanggulangan Bencana (LSP PB) dalam melakukan sertifikasi profesi di bidang penanggulangan bencana.

Tahun 2012, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan berbagai pihak (kementerian/lembaga lain, masyarakat dan dunia usaha) antara lain, Basarnas, Palang Merah Indonesia, Masyarakat Penanggulangan Bencana Indoneisa (MPBI), Planas, Artha Graha Peduli, PT. Rakata, Jakarta Rescue dan sebagainya, memulai menyusun Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia bidang Penanggulangan Bencana (RSKKNI PB) dengan didampingi Kementerian Ketenagakerjaan melalui Direktorat Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas.

Melalui proses yang cukup panjang, pada bulan Juli tahun 2014, BNPB melaksanakan Pra-Konvensi RSKKNI PB yang telah disusun dengan melibatkan kementerian/lembaga terkait, dunia usaha dan masyarakat dengan tujuan verifikasi terhadap unit-unit kompetensi yang telah disusun. Verifikasi unit-unit kompetensi dilakukan oleh verifikator yang telah memiliki lisensi dan pengalaman di bidangnya.

Setelah melalui proses Pra-Konvensi dan verifikasi unit-unit kompetensi, pada bulan September tahun 2014, BNPB menggelar acara Konvensi Nasional RSKKNI PB yang diadakan di Jakarta. Dan dari hasil Konvensi Nasional RSKKNI PB, sebanyak 52 (lima puluh dua) unit kompetensi disetujui oleh para peserta Konvensi Nasional, dan RSKKNI PB disahkan menjadi SKKNI PB.

Untuk melihat naskah SKKNI PB yang telah disahkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia, silahkan klik tautan di bawah ini.

 

Naskah SKKNI

Naskah SKKNI 1 - 52 (Per Unit)